Sunday, March 12, 2017

Kerusakan umum TV SHARP

Berikut ini adalah beberapa kerusakan umum yang biasa terjadi pada tv merk sharp dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Kerusakan umum TV SHARP

Kerusakan umum yang sering di jumpai pada TV MERK SHARP adalah PROTECT


Ada beberapa penyebab protect pada TV Sharp
diantaranya:

(1).Kurangnya tegangan Regulator dari yang semestinya di perlukan oleh FBT.
(2).Rusaknya FBT yang mempengaruhi output Regulator.
(3).Kerusakan Sirkuit Vertikal.
(4).Kerusakan Output Video Amplifier (180v).
(5).EPROM ERROR.
(6).TV mati setelah beberapa menit.

1. kurangnya tegangan output regulator bisa menyebabkan protect


Cara mengatasi nya:

(1).Cek komponen optocoupler yang umum 817.
(2).Cek komponen pembatas tegangan biasanya menggunakan IC type SE 110, SE115, SE120, SE 130, SE 140 atau ada juga yang menggunakan ic 431, coba ganti dengan yang baru, kalau masih tetap, coba periksa komponen pendukung lainnya seperti resistor dan kapasitor juga transistor.

Untuk mengetahui komponen pendukung dalam satu sirkuit bisa di lihat dari komponen intinya, misalnya tv tersebut untuk pembatas regulator menggunakan SE 120, di PCB (Piranti Circuit Board) akan tertulis kode misalnya IC 401, nah setiap komponen yang di PCB nya tertulis dengan awalan 4 berarti itu komponen pendukung yang membatasi tegangan.

kalau semua komponen sudah terukur dengan baik dan TV tetap pada masalah yang sama, kemungkinan rusaknya Rangkain standby bahkan bisa jadi kerusakan terdapat pada IC Utama nya yang sering di sebut oleh Tekhnisi IC PROGRAM.

Pengulasan tentang cara memastikan kerusakan IC PROGRAM akan kita bahas di artikel mendatang.

2. Rusak FBT


Cara memastikan kerusakan FBT atau Flybeck

(1).Ukur Tegangan Output Regulator sebelum dan sesudah TV START, Kalau tegangan mengalami penurunan apalagi di sertai suara mendenging di sirkuit Regulator, bisa di pastikan Kalau FBT rusak.
(2),Cabut beban Output FBT, kalau Tegangan tetap mengalami penurunan ketika START, bisa di pastikan FBT rusak, Kalau belum yakin coba saja ganti dengan FBT yang baru.

3. Kerusakan Sirkuit Vertikal


Cara Mengatasinya:

(1).Ukur tegangan Output fbt untuk vertikal, Umumnya fbt akan memberi suplay tegangan untuk Sirkuit Vertikal antara 24-27 volt untuk type IC 78040, 78041, 7840, 7841, 8403 dan IC sejenis nya, ada juga yang menggunakan tegangan 42-45 volt, untuk mengetahui segala jenis IC vertikal silahkan kunjungi DAFTAR IC VERTIKAL. apabila tegangan mengalami penurunan dari yang semesti silahkan periksa dioda penyearah dan elko regulator vertikal, kalau di ukur masih baik, bisa di pastikan ic vertikal tersebut rusak (Putus atau Konslet).

(2).Kerusakan pada komponen pendukung sehingga mendapatkan hasil akhir (output) vertikal yang tidak semestinya, ini bisa menyebabkan tv protect, periksa elko2 dan restistor seputar sirkuit vertikal, untuk mengetahui komponen yang berhubungan dengan vertikal bisa di lihat dari kode PCB untuk IC VERTIKAL nya, misalnya IC vertikal tersebut menggunakan kode PCB 601, berarti semua komponen yg memiliki kode dengan awalan angka 5 itu Komponen pendukung Sirkuit VERTIKAL.

4. Kurangnya tegangan output video amplifier 180-200 volt bisa menyebabkan TV protect


Cara mengatasinya:

(1).Ganti elko 10,22,33uf/250 volt kalau tv masih protect kemungkinan kerusakan pada rangkaian protect yang mengambil suplay bias dari output video amplifier.
solusi cabut transistor dekat sirkuit video amplifeir biasanya menggunakan transistor C1815.

5. Kerusakan pada ic memori (EPROM)


Cara mengatasinya:

(1).Seting ulang sesuaikan dengan data pabrik dari type tv itu sendiri, untuk seting eprom berbagai type tv sharp akan kita bahas di Artikel selanjutnya.
(2).Ganti IC Memori (EPROM). cara menggantinya, pastikan tv sudah dalam keadaan mati tidak terpasang di tegangan Listrik, gabungkan kaki servis mode yang ada pada tv sharp tersebut, untuk pembahasan titik servis mode akan kita bahas di Artikel selanjutnya.

Ganti ic memori lalu nyalakan TV, tunggu sampai tv benar2 menyala, proses ini akan menyeting secara otomatis data ic memori, setelah tv menyala, silahkan matikan televisi lalu copot kaki servis mode dan coba nyalakan kembali, Kalau proses berjalan dengan baik maka tv akan menyala dengan sempurna, kalau proses gagal gunakan cara ke 2 yaitu mengcopy dari ic memori yang original.

Untuk cara mengcopy ic memori akan kita bahas pada Artikel selanjutnya.

6. Ketika dinyalakan tv hidup tapi setelah beberapa menit tv mati


sering di jumpai pelanggan dengan keluhan tv nya mati setelah di nyalakan beberapa menit, tapi kalau di cabut stop kontak atau di matikan dari saklar power lalau di colok/ di hidupkan, tv bisa hidup lagi tapi setelah beberapa menit kembali mati.

Kerusakan ada di STR W 6753/6754 sudah soak, ganti baru di jamin cling.

Sekian dulu pembahasan tentang kerusakan TV Sharp dan cara umum mengatasinya.
Semoga bermanfaat.

Untuk mengajukan pertanyaan atau berbagi pengalaman, sertakan Screen Short terperinci.

No comments:

Post a Comment