Wednesday, September 22, 2021

RAHASIA MELACAK KERUSAKAN IC VERTIKAL, selalu ingat dasar2nya ini...... (jika pakai ic semacam LA78040) Baca2 problem vertikal satu garis atau lainnya......pd group ini. Klo sy perhatikan....ternyata banyak kejadian pekerjaan yg telah dilakukan dg sia2..... • Babat elko, • Ganti diode pump-up, • Ganti ic vertikal.....hasilnya tetap gak ada perubahan.... Buang2 waktu tenaga lepas pasang komponen....dan biaya spare part... Sebenarnya kejadian spt diatas bisa dihindari : • Elko2 jelas bisa di cek dgn ESR meter tanpa harus melepas pd kondisi pesawat tdk nyala........Apa gunanya punya esr-meter klo masih main babat. • IC Vertikal bisa di cek pakai Ohm meter posisi 1x pd kondisi pesawat tdk dihidupkan. Probe avo dibolak-balik spt saat “cek dode”......Cek jarum nyimpang dibalik tdk nyimpang........Lakukan ini antara pin-(5 dan 4) . Dan antara pin-(5 dan 6). Cara ini dijamin keakuratan 95%. • Diode pump-up bisa di cek pd kondisi pesawat nyala. Tegangan pin-6 harus sama dg teg pin-2 (selisih dikit kurang dari 1v boleh)......Klo selisih lebih dari 2v boleh dibilang Diode rusak. • RUMUS.1 YG HARUS DIINGAT “teg pin-1 = teg pin-7”....Klo tdk sama lacak masalahnya dg cara mengukur komponen2 seperti resistor2 yang berhubungan dg pin-1 atau pin-7 • RUMUS.2....sirkit vertikal Single Vcc 24v. Normal tegangan Out pin-5 = ½ teg Vcc. Klo gak normal, kembali ke Rumus.1 • RUMUS.3.....sirkit vertikal Double Symetri Vcc +/-. Normal tegangan Out pin-5 adalah NOL (bisa lebih atau kurang dikit aja). Klo gak normal, kembali ke rumus.1

RAHASIA MELACAK KERUSAKAN IC VERTIKAL

RAHASIA MELACAK KERUSAKAN IC VERTIKAL, selalu ingat dasar2nya ini...... (jika pakai ic semacam LA78040) Baca2 problem vertikal satu garis atau lainnya......pd group ini. Klo sy perhatikan....ternyata banyak kejadian pekerjaan yg telah dilakukan dg sia2..... • Babat elko, • Ganti diode pump-up, • Ganti ic vertikal.....hasilnya tetap gak ada perubahan.... Buang2 waktu tenaga lepas pasang komponen....dan biaya spare part... Sebenarnya kejadian spt diatas bisa dihindari : • Elko2 jelas bisa di cek dgn ESR meter tanpa harus melepas pd kondisi pesawat tdk nyala........Apa gunanya punya esr-meter klo masih main babat. • IC Vertikal bisa di cek pakai Ohm meter posisi 1x pd kondisi pesawat tdk dihidupkan. Probe avo dibolak-balik spt saat “cek dode”......Cek jarum nyimpang dibalik tdk nyimpang........Lakukan ini antara pin-(5 dan 4) . Dan antara pin-(5 dan 6). Cara ini dijamin keakuratan 95%. • Diode pump-up bisa di cek pd kondisi pesawat nyala. Tegangan pin-6 harus sama dg teg pin-2 (selisih dikit kurang dari 1v boleh)......Klo selisih lebih dari 2v boleh dibilang Diode rusak. • RUMUS.1 YG HARUS DIINGAT “teg pin-1 = teg pin-7”....Klo tdk sama lacak masalahnya dg cara mengukur komponen2 seperti resistor2 yang berhubungan dg pin-1 atau pin-7 • RUMUS.2....sirkit vertikal Single Vcc 24v. Normal tegangan Out pin-5 = ½ teg Vcc. Klo gak normal, kembali ke Rumus.1 • RUMUS.3.....sirkit vertikal Double Symetri Vcc +/-. Normal tegangan Out pin-5 adalah NOL (bisa lebih atau kurang dikit aja). Klo gak normal, kembali ke rumus.1