Saturday, March 11, 2017

Sharp Q Vision dengan ic TEA 2261 tegangan output regulator kecil

Sharp Q Vision dengan ic TEA 2261 tegangan output regulator kecil

Sobat teknisi pembaca setia blog flyin dvb, kali ini saya akan berbagi pengalaman perbaiki tv Sharp Q Vision, dengan gejala awal kerusakan tv tidak mau start. Kenapa saya bilang gejala awal? Karena ketika tv tersebut masuk ke meja servis saya, sudah dalam keadaan mati total. Ternyata tv tersebut sempat di servis dulu oleh tuser lain, yang kata pemiliknya. awalnya lampu standby nya masih nyala, sekarang di sambung kelistrik pun, sudah tidak ada tanda-tanda masuknya aliran listrik.

Setelah diperiksa ternyata fuse (skring) sudah dalam keadaan putus gosong. Di cek transistot regulator masih bagus, telusur bagian dioda penyearah, ternyata ada 1 dioda yang konslet. Hmmm rupanya ini yang menyebabkan fuse (skring) putus. Langsung ganti dioda dan ganti fuse, lalu di sambung ke listrik, tegangan 300 volt sudah keluar normal, cek input basis berdenyut perlahan, memang seperti itu kalau regulator Sharp Q Vision dan Sharp Nice Cristal yang menggunakan IC TEA 2261 sebagai driver regulatornya.

Setelah saya anggap semua tegangan normal, dan bagian outout tidak menunjukan adanya hubungan pendek (konslet). Langsung saya pasang transistor regulator D 1883 nya, dan setelah transiator regulator D 1883 terpasang dengan baik, saya colokan kabel ac ke sumber listrik, lampu indikator standby menyala tapi sangat redup dengan tegangan outout regulator yang harusnya 125 dalam keadaan standby, ini hanya terukur sekitar 15 volt saja dan akhirnya tidak lama kemudian, lampu indikator standby mati. Oh ini rupanya penyakit aslinya.

Berdasarkan pengalaman, kalau menemukan gejala tegangan kecil untuk tv Sharp Q Vision dan Sharp Nice Cristal, yang menggunakan IC TEA 2261 sebagai driver regulatornya, maka hampir di pastikan kerusakan ada di elko 220 uf 25 volt, yang berfungsi sebagai filter tegangan umpan balik dari kaki trafo switching regulator untuk IC TEA 2261.

Sharp Q Vision dengan ic TEA 2261 tegangan output regulator keci

Perhatikan oleh sobat teknisi, kalau suatu saat mengalami pengalaman yang sama, untuk tv Sharp Q Vision dan Sharp Nice Cristal yang menggunakan IC TEA 2261 sebagai driver regulatornya, kalau gejalanya sama seperti pengalaman saya, yaitu tegangan output regulator kecil, maka elko 220 uf 25 volt dengan kode pcb C 729, langsung ganti saja dengan yang baru dan kualitasnya bagus.

Setelah elko 220 uf 25 volt saya ganti, tegangan output regulator langsung naik menjadi 125 volt standby. Dan kalau tv di start maka tegangan harus turun menjadi sekitar 110-115 volt. Kalau tegangsn terlalu besar atau kuran dari 110 volt, silahkan atur dengan memutar trimput adjust regulator ke kanan atau ke kiri. Dan tv pun akan menyala dengan sempurna.

Sharp Q Vision dengan ic TEA 2261 tegangan output regulator keci

Itulah pengalaman saya memperbaiki tv Sharp Q Vision, dengan gejala kerusakan, tegangan output regulator kecil. Semoga pengalaman saya yang saya share kali ini, bermanfaat bagi sobat teknisi semua.

No comments:

Post a Comment