Saturday, May 9, 2015

KERUSAKAN TV AKIRA CT-21EKS1CP GAMBAR MENYEMPIT ATAS BAWA

AKIRA
Beberapa waktu yg lalu dapat servisan TV AKIRA CT-21EKS1CP memakai IC tunggal 8853CPNG dan IC Vertikal STV9026P dengan kerukan gambar menyempit atas bawa.
Langsung saja saya obrak-abrik dimeja kerja, pertama saya cek adalah tegangan vertical teryata tegangan vertikal normal lalu saya menuju pengecekan di semua elco yang ada di blok vertical dan semua elco normal-normal aja, kemudian saya coba masuk ke servis mode untuk menyetel parameter Vertikal zise dengan cara tekan vol (-) hingga nol kemudian vol(-) di TV dan tahan, lalu tekan Qview di remot .
Akan tetapi setelah saya atur parameter V-Zise hingga batas maximal pun gambar tidak full, lalu saya kembalikan parameter V-Zise seperti semula dan keluar dari servis mode terus melangka pengecekan selanjutnya yaitu menyentu-nyentu titik solderan yg berhubungan dengan jalur Vertikal out teryata vertical mau terbuka lalu pikiranku tertuju ke komponen di sekitar IC tunggal (8853CPNG).
Setelah pengecekan komponen satu/satu akhirnya ketemu juga biang keroknya yaitu elco 0,47uf/50v yang nilainya berubah menjadi 1uf yang berada di pin 15 dari IC 8853CPNG yang lebi jelasnya liat gambar dibawa
TV Akira2
TV Akira1
Setelah elco tersebut diganti yang baru dengan nilai yang sama,kemudian TV saya nyalakan terlihat gambar sudah penu atas dan bawah.
Sekian dulu postingan saya kali ini semoga dapat bermampat….

No comments:

Post a Comment