Sunday, February 23, 2014

Cara Membeli Saham bagi Pemula


definisi-investasiCara membeli saham – beberapa orang yang masih pemula atau ‘awam’ soal saham mungkin masih membingungkan bagaimana caranya. Beberapa pertanyaan terkait membeli saham adalah apakah ada batasan usia cukup untuk memasuki lantai bursa, saham apa yang sebaiknya dibeli dan sebagainya. Nah, Anda yang ingin melangkah ke lantai bursa saham, mari perhatikan topik kali ini mengenai cara membeli saham bagi pemula. Tidak soal apakah Anda sudah tua atau muda. Namun yang pasti salut bagi yang masih muda tapi mau tahu mengenai pasar saham, itu berarti Anda berpikiran maju.

Sebagaimana pada umumnya, memasuki lantai bursa saham maka kita harus bergabung dulu sebagai nasabah pada salah satu perusahaan sekuritas. Nah, ketika Anda ingin bergabung, Anda akan diberikan formulir nasabah yang harus diisi dengan data yang benar. Sertakan pula fotokopi KTP Anda yang masih berlaku. Kemudian, Anda bisa melakukan transfer ke rekening perusahaan sekuritas sebagai deposit awal berupa sejumlah dana yang ditentukan oleh masing-masing broker.
Nah, di sini Anda bisa berkonsultasi dengan broker Anda mengenai saham mana yang cocok untuk Anda – yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Besaran nilai yang mesti Anda investasikan tentunya bergantung pada jenis investasi saham yang Anda ambil. Nah, kemudian Anda diwajibkan melakukan transfer ke nomor rekening perusahaan sekuritas dimana Anda bergabung sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan.
Untuk melakukan analisis perkembangan saham sebagai cara membeli saham agar aman untuk Anda, terdapat 2 teori yakni:
1. Teori konfidensi
Teori ini dilandaskan pada psikologi pasar yakni kepercayaan investor mengenai harga saham. Sebagai contoh, seorang investor yakin satu saham sangat bagus dan berprospek cerah. Namun biasanya faktor konfidensi yang dilandasi asumsi pribadi ini bsa bertolak belakang dengan kenyataan yang ada.
2. Teori konvensional
Teori untuk tolak ukur saham ini dilandaskan pada data-data ekonomi dan statistik. Nah untuk itu dibutuhkan sumber data yang memang akurat guna melakukan analisis.
Seputar Pembelian Saham
Anda yang ingin membeli saham, perlu diketahui bahwa bursa efek dibuka pada hari-hari kerja yaitu Senin hingga Jum’at, mulai dari jam 09:30 – 16:00. Akan ada harga pembukaan dimana harga tersebut adalah harga yang diminta oleh seorang pembeli ataupun penjualan pada saat transaksi perdagangan saham baru dimulai. Harga ini menjadi harga pasar. Namun pada pukul 16:00 terdapat harga penutupan yang diminta oleh pihak pemebli dan penjual pada saat penutupan.
Nah, Anda yang ingin membeli saham (tentu sudah bergabung di perusahaan sekuritas seperti yang disebut di awal) dapat menghubungi pihak broker. Kemudian, Anda akan diberikan slip order dan mengisi lembar formulir tersebut dengan mengisi nama saham, jumlah saham yang Anda beli serta harga yang diminta. Formulir wajib ditandatangani. Lalu, Anda bisa melakukan transfer dana untuk diteruskan nantinya ke bursa.
Oleh karena itu, wajib untuk mencatat nomor call center atau kontak perusahaan sekuritas guna memudahkan Anda melakukan penjualan saham.
Yang pasti ketika memulai bermain saham dan membeli saham, jiwa petualang dan kekuatan mental menjadi salah satu modal untuk melangkah ke lantai bursa saham. Tentunya jiwa petualang dan mental kuat juga harus dibarengi dengan pengetahuan dan analisis yang akurat serta kemampuan membaca pasar saham. Dengan begitu, Anda siap untuk mulai membeli saham dan berinvestasi demi memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya, bukan? Salam sukses!

No comments:

Post a Comment