Thursday, January 3, 2013

Atasi LCD Nokia Jadul

Di masyarakat sekarang ini masih banyak pemakai setia ponsel-ponsel jadul, yang masih awet sampe sekarang ini. Contohnya Nokia 5110, 6110, 6150 dan 3210. Ponsel-ponsel tersebut,sekarang sudah menjadi barang clasik atawa barang antik,dan sampai sekarang ponsel tersebut masih diincar oleh penggemar, dan masih disimpan sama kolektor ponsel.Dan juga sampai kini masih ada yang pake dalam sehari-harianny untuk keperluan komunikasinya.
Biasanya, ponsel model ini, udah sering bermasalah,Alias sering penyakitan.Kita semua tahu bahwa ponsel type lama lebih ‘tahan banting’(maksudnya nggak dibanting beneran lho,..) dibanding model baru, namun umur tentu berpengaruh.Walau di perlakukan dengan baik,pasti masalah juga akan timbul.nah..ini ada sedikit tips kalau saja berguna siapa tahu ponsel kamu bermasalah seperti LCD ponsel kamu ketularan panu..hik..hik..hik
Buat ngutak-utik LCD burem atawa blank di Nokia type tersebut, siapkan saja:
a. Gunting
b. Obeng T6 (obeng bunga segi 6)
c. Pinset
d. Ponsel Nokia 5110/6110/6150/3210
e. Double tape yang tebal 2-4 mm.
1.Pertama
Lepaskan cover belakang batere, lepas antena dan buka skrup pada bagian belakang menggunakan obeng T6.
2.Kedua
Lepas konektor dan PCB secara perlahan.
3.Ketiga
Ambil LCD dari cover.
4.Keempat
Lepas plat di belakang LCD, pisahkan dari frame depan.
5.Kelima
Ambil double tape, gunting sepanjang bagian atas frame. Tapi lapisan luar double tape jangan dibuang. Agar tidak menempel denganLCD.
Tinggal masukkan lagi LCD, tutup trus tekan pelan-pelan. Ponsel siap dirangkai lagi. Masukkan batere dan berdoa mudah-mudahan LCD udah kembali normal. Biasanya sih cara-cara ini berhasil. Lumayan kan, untuk menghemat waktu dan biaya. Kira-kira aja bisa bikin service center sendiri. Kan lumayan.

No comments:

Post a Comment